CYBER SECURITY



CYBER SECURITY

APA ITU CYBER SECURITY

Cyber security adalah upaya untuk melindungi keamanan sistem komputer, jaringan, dan data dari ancaman dunia maya. Tujuan cyber security adalah mencegah serangan, mengidentifikasi dan menanggapi ancaman siber, serta memulihkan sistem setelah serangan terjadi. Ancaman siber dapat berupa serangan malware, peretasan, phishing, atau pencurian data. Upaya perlindungan tersebut dapat dilakukan melalui penggunaan software, aplikasi, atau segala hal yang terkait dengan sistem komputer.

MANFAAT CYBER SECURITY

Salah satu manfaat penerapan cyber security adalah perusahaan dapat mengatasi ancaman siber secara efektif dalam sistem jaringan komputer. Upaya perlindungan yang dapat dilakukan adalah firewall, enkripsi data, pemantauan jaringan, serta pelatihan pengguna dalam mengenali dan menghindari ancaman siber.

Terdapat tiga konsep utama dalam memahami cyber security yang dikenal dengan sebutan CIA Triad. 3 poin cyber security adalah kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity), dan ketersediaan (availability) informasi. CIA Triad merupakan konsep keamanan yang dikembangkan untuk membantu individu memahami berbagai teknologi keamanan informasi serta menjadi landasan penting dalam bidang cyber security.

FUNGSI CYBER SECURITY
Cyber security memiliki beberapa fungsi yang penting dalam melindungi sistem komputer, jaringan, dan data dari ancaman cyber.
- Melindungi keamanan data
- Menjaga keamanan jaringan 
- Mendeteksi ancaman siber

JENIS JENIS CYBER SECURITY

1. Network Security
Network security atau disebut keamanan jaringan adalah cara untuk melindungi jaringan internal dan meningkatkan tingkat keamanan jaringan. Hal ini sangat penting bagi perusahaan yang menggunakan sistem jaringan dalam operasionalnya. Dengan menerapkan network security, perusahaan dapat melindungi aset dari ancaman siber dan mengelola traffic jaringan menjadi lebih efektif. Contoh penerapan network security adalah menggunakan antivirus dan firewall.

2. Cloud Security
Cloud security adalah cara untuk melindungi data yang disimpan pada cloud. Dengan menerapkan cloud security yang tepat, data yang disimpan di cloud dapat terlindungi dari ancaman siber dan risiko kehilangan ataupun kebocoran data.

3. Application Security
Application security adalah upaya yang dilakukan untuk melindungi aplikasi perangkat lunak atau software dari ancaman cyber crime. Tujuannya adalah untuk menjaga kerahasiaan data yang disimpan dalam aplikasi tersebut.

METODE ANCAMAN
Serangan Man-in-the-middle           
- Malware
- Ransomware                                     
- DDoS
- Phising                                              
- SQL

KESIMPULAN

Cyber security adalah upaya untuk melindungi keamanan sistem komputer, jaringan, dan data dari ancaman dunia maya. Contoh ancaman siber seperti malware, serangan phising, serangan DDOS, serangan man in the middle, dan injeksi SQL.
Cyber security penting untuk menjaga keamanan data pribadi maupun perusahaan dan mengurangi risiko terhadap serangan siber yang dapat merugikan banyak pihak. Cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan cyber security adalah firewall, enkripsi data, autentikasi, menggunakan software antivirus, maupun memperbaharui software.

Komentar