Mengenal cloud computing

 CLOUD COMPUTING

APA ITU CLOUD COMPUTING
Cloud computing merupakan sebuah sistem informasi yang memungkinkan kemudahan akses kepada komponen sumber daya seperti server, aplikasi, dan database melalui jaringan internet. Dengan menggunakan sistem ini, sumber daya akan disimpan dan dikelola di pusat data yang terhubung dengan internet.
Untuk skala perusahaan, mereka dapat mengaksesnya dari mana saja dan kapan saja dengan mudah melalui aplikasi atau situs. User juga tidak perlu memiliki infrastruktur cloud sendiri. Mereka bisa mengelola dan memantau server yang disediakan oleh penyedia layanan cloud.

Dalam penggunaannya, sistem ini ternyata dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu Public Cloud dan Private Cloud. Public Cloud merupakan sistem jaringan yang bisa diakses oleh siapa saja melalui internet. Sistem pada teknologi ini mengandalkan internet sebagai pusat jaringan agar para pengguna bisa mengelola data di Cloud storage lebih optimal.
Sementara itu, Private Cloud adalah sebuah sistem yang memungkinkan pengguna mengoperasikannya sendiri atau menggunakan pihak ketiga. Yang membedakannya dengan jenis public adalah pada aksesibilitas jaringan. Seperti namanya, jenis ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang sudah terkoneksi. Jenis cloud ini juga biasanya digunakan oleh perusahaan yang memiliki kebutuhan keamanan dan privasi tingkat tinggi.


APA SAJA CONTOH CLOUD COMPUTING ?

Ada banyak sekali contoh pemanfaatan cloud computing yang dapat Anda temui. Walaupun merupakan layanan yang relatif baru,cloud computing sudah digunakan oleh berbagai pihak mulai dari pribadi, bisnis kecil, korporasi, bahkan pemerintahan.Beberapa contoh pemanfaatan cloud computing yang paling umum:
  • Surat elektronik
  • Penyimpanan data
  • Analisis data
  • Streaming, baik audio maupun video
  • Pembuatan aplikasi
Selain itu, cloud computing juga dapat memberikan penggunanya layanan seperti kecerdasan buatan, pemrosesan bahasa, hingga program-program pekerjaan sederhana. Cloud computing memungkinkan penggunanya untuk tidak perlu berada secara fisik di hadapan perangkat keras untuk mengakses dan menggunakan layanannya.

CARA KERJA CLOUD COMPUTING

Teknologi cloud computing akan mulai dapat bekerja ketika penggunanya sudah terhubung ke jaringan internet, baik itu untuk mengakses data maupun menggunakan program. 
Setelah terhubung ke internet, penggunanya hanya perlu login ke dalam sistem komputasi saja.Seluruh pengguna cloud computing yang berhasil masuk ke dalam sistem komputasi dapat memberikan berbagai macam perintah ke server dari aplikasi tersebut. Setelah perintah diterima oleh server, pengguna dapat mengakses data yang diinginkan, mengubah data, hingga memperbarui data sesuai dengan perintah yang diberikan.

MANFAAT CLOUD COMPUTING

1. HEMAT BIAYA OPERASIONAL
Cloud computing bisa menghemat biaya operasional perusahaan menjadi lebih rendah. Dengan begitu, perusahaan atau pengguna bisa lebih fokus pada keberjalanan sistem mereka. Pengguna tidak perlu lagi repot dalam mengelola infrastruktur jaringan secara langsung.
Sebagai gantinya, mereka membayar biaya berlangganan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka.

2. PENGELOLAAN DATA LEBIH OPTIMAL
Sistem ini juga memungkinkan perusahaan lebih mudah untuk menambah atau mengurangi sumber daya perusahaan sesuai kebutuhan dan urgensi user.
Perusahaan atau pengguna tidak perlu lagi membeli hardware atau software tambahan. Semua akses pengelolaan dan pemantauan jaringan dapat dilakukan melalui satu sistem terpadu, yaitu cloud computing.

3. KEAMAANAN DATA TERJAMIN
Manfaat lainnya adalah layanan ini biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan seperti enkripsi data dan proteksi akses. Sistem proteksi ini dapat meningkatkan keamanan data perusahaan dan melindungi dari ancaman serangan siber.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN CLOUD COMPUTING

KELEBIHAN
  • Sistem ini menawarkan sistem yang fleksibel dan biaya lebih rendah karena pengguna hanya membayar untuk sumber daya yang dipilih.
  • Aksesibilitas dan fleksibilitas kerja yang lebih baik karena pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi dari mana saja dengan koneksi internet.
  • Keamanan data lebih baik karena penyedia layanan umumnya sudah menggunakan sistem keamanan yang terenkripsi dengan baik serta adanya disaster recovery plan.
KEKURANGAN
  • Ketergantungan pada koneksi internet. Dalam proses pengolahan dan transfer jaringan data, dibutuhkan internet yang stabil dan cepat. Dengan ketergantungan ini, kualitas layanan dapat dipengaruhi oleh lemah atau kuatnya koneksi internet user.
  • Keterbatasan bandwidth. Terkadang, beberapa penyedia layanan membatasi akses bandwidth sehingga user perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menambah besaran transfer jaringan tersebut.

Komentar